Representasi Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Film Animasi "Inside Out" Karya Pete Docter
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v4i3.820Kata Kunci:
teori semiotik model Ferdinand De Saussure, representasi, watak, emosi, emosional, orang tua, anak, film, animasi, Inside OutAbstrak
Emosional adalah reaksi normal yang terjadi pada manusia. Emosional erat kaitannya dengan ekspresi perasaan. Emosional adalah sifat yang hadir karena emosi. Secara umum, emosi adalah keadaan yang tidak dapat dikendalikan. Perasaan emosional merupakan suatu kondisi yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Namun, reaksi emosional adalah sesuatu yang juga bisa dikendalikan. Salah satu rumah studio asal Amerika Serikat yaitu Pixar Animation Studios ingin mencoba untuk lebih mengenal bagaimana emosi dapat dibentuk sejak dini melalui film animasi. Penelitian ini menganalisis mengenai representasi komunikasi interpersonal hubungan antara orang tua dan anak dalam film animasi “Inside Out”. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik model Ferdinand De Saussure dengan menganalisis melalui dua tahapan penandaan yaitu denotasi dan konotasi. Proses pengumpulan dilakukan dengan cara menonton langsung film animasi tersebut dan juga mengambil referensi dari pihak ketiga. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya permasalahan yang membuat komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam film animasi “Inside Out” tidak berjalan dengan baik karena sang anak yang tidak dapat mengungkapkan emosi dan perasaan, rasa bersalah orangtua terhadap anaknya, serta film animasi ini merupakan salah satu alat yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Referensi
Côté, S. (2005). A Social Interaction Model of the Effects of Emotion Regulation on Work Strain. The Academy of Management Review, 30, 509–530. US: Academy of Management.
Ekman, P. (2012). Membaca Emosi Orang. Yogyakarta: Think.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


.jpg)

