Peran Instagram @officialpersebaya dalam Membranding Pemain Sepak Bola Muda di Klub Persebaya Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v4i4.834Kata Kunci:
instagram, personal branding, pemain muda, citra klubAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran instagram @officialpersebaya dalam membranding pemain sepak bola muda di Klub Persebaya Surabaya, dengan fokus pada penerapan prinsip-prinsip Spesialisasi, Perbedaan, Kenampakan, dan Keteguhan oleh akun Instagram @officialpersebaya. Studi ini menganalisis bagaimana akun tersebut memanfaatkan berbagai fitur media sosial untuk menonjolkan bakat dan potensi unik pemain sepak bola muda, membangun citra positif, dan memperkuat keterlibatan penggemar. Metode penelitian yang digunakan melibatkan observasi akun @officialpersebaya yang mencakup highlight pertandingan, video latihan, serta pencapaian pemain dalam berbagai kompetisi. Studi ini juga mengevaluasi penggunaan fitur Instagram seperti Stories, Reels, dan Live dalam mempromosikan dan memperlihatkan perkembangan pemain muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi personal branding yang konsisten dan terarah tidak hanya meningkatkan visibilitas dan reputasi pemain muda tetapi juga memperkuat citra klub sebagai pengembang bakat berkualitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi personal branding yang konsisten dan terarah tidak hanya meningkatkan visibilitas dan reputasi pemain muda tetapi juga memperkuat citra klub sebagai pengembang bakat berkualitas. Akun @officialpersebaya menerapkan teori personal branding (relevan) sehingga dalam setiap konten yang diposting, baik itu foto, reels maupun insta story, terdapat upaya untuk memberikan informasi yang relevan dengan kebutuhan dan minat pengikutnya.
Referensi
Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Arifin, A. (2010). Strategi Komunikasi. Armico Bandung.
Bachtiar, Y. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Citra ( Studi kasus Yayasan Putri Indonesia ). Studi Kasus, 1, 8.
Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenada Media Group.
Cangara Hafied. (2019). Pengantar ilmu komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada pkun @yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi Penelitian, 14(1), 32–41.
Firdaus, M. (2020). Peranan Media Sosial Instagram @IPM.KALSEL Dalam Membangun Citra Organisasi. EPrints Uniska, 2, 5–9.
McQuail. (2012). McQuail’s Mass Communication Theory. SAGE Publications, Ltd.
Miles, M. B., & Huberman, M. (2013). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.
Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Remaja Rosda Karya.
Mulyana, D. (2021). ILMU Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya.
Nisrina, M. (2015). Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Kobis.
Rizaty, M. A. (2022). Survei: Sepak Bola Jadi Olahraga yang Paling Disukai Warga RI. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/olahraga/detail/survei-sepak-bola-jadi-olahraga-yang-paling-disukai-warga-ri
Rosiyana, D., & Setyaningrum, M. (2023). Analisis Peran Komunikasi Dalam Membentuk Citra Organisasi Islam Dalam Era Media Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(4).
Sucahya, M. (2017). Manajemen Media Digital. Jurnal Tarbawi, 3(1), 43–58.
Sugiharti, R. (2014). Perkembangan Masyarakat Informasi & Teori Sosial Kontemporer. Kencana.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Sutisna. (2018). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


.jpg)

