Komunikasi Pemasaran Kebun Binatang Surabaya Melalui Media Sosial TikTok @Kebunbinatangsurabaya

Penulis

  • Marselinus Putra Raga Delang Stikosa - AWS
  • Ratna Puspita Sari Stikosa - AWS
  • Salahudin Al Afgan Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v4i4.836

Kata Kunci:

Pemasaran, TikTok, Kebun Binatang Surabaya, pemanfaatan sosial media @kebunbinatangsurabaya

Abstrak

Pemanfaatan akun sosial media pada jaman sekarang dapat dimanffatkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan cara mempromosikan kawasan wisata. Salah satu kawasan wisata di kota Surabaya yaitu Kebun Binatang Surabaya telah memanfaatkan sosial media sebagai media promosi wisata seperti Facebook, Twiter, Youtube dan juga TikTok. Penelitian ini difokuskan pada media sosial TikTok yang kini banyak digunakan oleh pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Penelitian ini mengulas bagaimana penggunaan fitur TikTok yang terkait dengan bentuk promosi sesuai dengan bauran promosi termasuk advertising, sales promotion, public relations dan personal selling dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif pada akun TikTok @kebunbinatangsurabaya.Dalam proses pemanfaatan TikTok sebagai media promosi onlie TikTok @kebunbinatangsurabaya telah memenuhi kriteria yang terkandung dalam empat bauran promosi sehingga pemggunaan TikTok berdasarkan fitur Followers, Feed, Like, Coment, Hastag telah mendukung proses proses promosi yang baik.

Referensi

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). DAMPAK APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK ANAK DI SDN 3 PULAU PANGGUNG KECAMATAN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM. Raden Intan Repository, July, 1–23. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29773

Annur, C. M. (2023). download. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/26/daftar-media-sosial-terpopuler-di-dunia-april-2023-facebook-masih-juara#:~:text=Daftar Media Sosial Terpopuler di Dunia April 2023%2C Facebook Masih Juara,-Teknologi %26 Telekomunikasi&text=No.&text=F

Eriyanto. (2021). Analisis Jaringan Media Sosial.

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/35815

PDTSKBS. (2019). Sejarah Singkat Kebun Binatang Surabaya 1916 - 1917. Https://Www.Surabayazoo.Co.Id/. https://www.surabayazoo.co.id/mediacenter/about.php

Purnomo, A. (2018). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PARIWISATA DI KABUPATEN KARANGANYAR. UMS Digital Library, 5–6. https://core.ac.uk/display/148619084?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Rizaty, M. A. (2023). Per April 2023, Pengguna TikTok Indonesia Terbanyak Kedua Dunia. 19 Mei. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31