Inovasi Pengembangan Brand Awareness terhadap UMKM Jalangkote Sultan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan

Authors

  • Angelica Aurelia Chandra Universitas Ciputra Makassar
  • Angelina Jocelyn Djunaidy Universitas Ciputra Makassar
  • Achmad Asqar Universitas Ciputra Makassar
  • Nico Lucky Wijaya Universitas Negeri Jakarta
  • Raqi Rabbani Nugraha Universitas Ciputra Makassar
  • Syahril Sidik Universitas Ciputra Makassar
  • Elia Ardyan Universitas Ciputra Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37826/prapanca.v4i1.689

Keywords:

MSMEs, Brand Awareness, AI, Innovations, Social Media

Abstract

Penelitian ini mengatasi tantangan yang dihadapi oleh UMKM Jalangkote Sultan di Makassar. Penelitian berfokus pada peningkatan brand awareness melalui strategi inovatif. Program Social Impact Challenge (SIC), bekerja sama dengan PLUT Sulawesi Selatan, bertujuan memanfaatkan alat AI untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan meningkatkan kesadaran merek. Proyek melibatkan identifikasi masalah, usulan solusi berbasis AI, dan pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM. Diharapkan hasilnya termasuk peningkatan keterlibatan pasar dan kesadaran merek untuk Jalangkote Sultan.

References

Firda Aulia, Dwi Prasetyo, & Nurtyasih Wibawanti Ratna Amina. (2022). Strategi Pemasaran Digital Meningkatkan UMKM Kampung Kue Rungkut Surabaya. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.357

Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191-200.

Kristiyono, J., Dian Eka Safitri, Agis Savira N U, Trivenadyah Nurmala, Kartika Cahya Jauhariya, & Hilda Kurniawati P. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Program Kewirausahaan Batik Poetra Dolokgede di Kabupaten Bojonegoro Melalui Kegiatan “Sinau Bareng” Ademos Indonesia. Prapanca : Jurnal Abdimas, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.433

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi umkm terhadap pertumbuhan ekonomi era digitalisasi melalui peran pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184-204.

Martoyo, H., Widodo, W., Sudarti, K., Nurhidayati, N., & Mahadianto, M. Y. (2022). Fasilitasi Penyusunan Bisnis Model Canvas Pada UMKM Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 185-195.

Published

2024-02-29

How to Cite

Chandra, A. A., Angelina Jocelyn Djunaidy, Achmad Asqar, Nico Lucky Wijaya, Raqi Rabbani Nugraha, Syahril Sidik, & Elia Ardyan. (2024). Inovasi Pengembangan Brand Awareness terhadap UMKM Jalangkote Sultan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Prapanca : Jurnal Abdimas, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.37826/prapanca.v4i1.689

Most read articles by the same author(s)