Inovasi Pengembangan Brand Awareness terhadap UMKM Jalangkote Sultan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.37826/prapanca.v4i1.689Keywords:
MSMEs, Brand Awareness, AI, Innovations, Social MediaAbstract
Penelitian ini mengatasi tantangan yang dihadapi oleh UMKM Jalangkote Sultan di Makassar. Penelitian berfokus pada peningkatan brand awareness melalui strategi inovatif. Program Social Impact Challenge (SIC), bekerja sama dengan PLUT Sulawesi Selatan, bertujuan memanfaatkan alat AI untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan meningkatkan kesadaran merek. Proyek melibatkan identifikasi masalah, usulan solusi berbasis AI, dan pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM. Diharapkan hasilnya termasuk peningkatan keterlibatan pasar dan kesadaran merek untuk Jalangkote Sultan.
References
Firda Aulia, Dwi Prasetyo, & Nurtyasih Wibawanti Ratna Amina. (2022). Strategi Pemasaran Digital Meningkatkan UMKM Kampung Kue Rungkut Surabaya. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.357
Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191-200.
Kristiyono, J., Dian Eka Safitri, Agis Savira N U, Trivenadyah Nurmala, Kartika Cahya Jauhariya, & Hilda Kurniawati P. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Program Kewirausahaan Batik Poetra Dolokgede di Kabupaten Bojonegoro Melalui Kegiatan “Sinau Bareng” Ademos Indonesia. Prapanca : Jurnal Abdimas, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.433
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi umkm terhadap pertumbuhan ekonomi era digitalisasi melalui peran pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184-204.
Martoyo, H., Widodo, W., Sudarti, K., Nurhidayati, N., & Mahadianto, M. Y. (2022). Fasilitasi Penyusunan Bisnis Model Canvas Pada UMKM Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 185-195.