Strategi Publisitas dalam Meningkatkan Brand Awareness RS Husada Utama Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i2.34Keywords:
brand awareness, publisitas, RS Husada UtamaAbstract
RS Husada Utama adalah salah satu Rumah Sakit yang baru 11 tahun berdiri. Diresmikan pada tahun 2006, Rumah sakit yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Mustopo 31 – 35 Surabaya ini mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur sebagai rumah sakit umum kelas B. Dengan adanya kode etik promosi pada rumah sakit dan RS Husada Utama adalah rumah sakit yang masih baru saja berdiri, membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana cara RS Husada Utama memperkenalkan dan menginformasikan layanan kesehatan yang dimiliki oleh RS Husada Utama kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi publisitas yang diterapkan oleh RS Husada Utama dalam meningkatkan brand awareness. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview). Strategi brand awareness yang dibentuk RS Husada Utama adalah memanfaatkan bentuk bangunan Rumah Sakit yang tinggi dan megah, kemudian fasilitas yang nyaman dan lengkap, serta beberapa program yang tidak banyak dimiliki RS lain. Hal tersebut membuat RS HU mudah diingat oleh masyarakat. Dalam penelitian ini terlihat bahwa publisitas RS Husada Utama dalam meningkatkan brand awareness adalah dengan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui media massa, seminar, dan berbagai kegiatan. Strategi brand awareness yang diciptakan oleh RS Husada Utama meliputi 4 indikator yaitu recall, recognition, purchase, and consumptions.
References
J. Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualititatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasrullah, Rulli dan Emeraldy Chatra. 2008.Public Relations. Bandung: PT Salamadani Pustaka Semesta
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Ruslan, Rosady. 2016. Manajaemen PR dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Shimp, Terence.2014. Komunikasi Pemasaran dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat
Soehadi, Agus W. 2005.Effective Branding. Bandung: Quantum BisnisManajemen
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualititatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryanto dan Syariffudin. 2016. Public Relations.Yogyakarta: Andi Offset
Untoro. 2011. Pengembangan Strategi Pemasaran Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. Jakarta: Universitas Indonesia
Yuliana, Nina. 2014. Media Relations. Yogyakarta: Untirta.
Karya Ilmiah :
Alvionita, Bella. 2015. Skripsi. Strategi Brand Image Hotel Oval Surabaya dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Surabaya: Stikosa AWS
Hermawanti, Tanti.et al. “Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Peningkatan UpayaPublisitas”. www.jurnalkommas.com/docs/jurnal%20tanti%20_fix_.pdf. (Diakses pada 13 Maret 2017)
Kurniadi, Fredy dan Didik Hariyanto. 2013. “Strategi Komunikasi Pemasaran Medical Representative”. KANAL.Vol.1 No 2, Maret 2013. Diambil dari http://ojs.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/337. (Diakses pada 15 Maret 2017).