Konstruksi Makna Iklan “Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan”

Authors

  • Asima Sitanggang Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i2.45

Keywords:

tanda, iklan, semiotika Roland Barthes, kontruksi makna, cerdikiawan

Abstract

Tanda merupakan bahasa yang memiliki makna sesuai dengan kesepakatan atau hasil konstruksi sosial dan budaya. Iklan “Gojek mempersembahkan: Cerdikiawan” mencoba menyampaikan makna-makna tertentu dalam visualisasi, audio, narasi dan tagline. Menggunakan metode analisa semiotika Roland Barthes, penulis menemukan beberapa konstruksi makna Cerdikiawan yang terkandung dalam iklan berdurasi 60 detik ini. Iklan ini mengkonstruksikan “cerdikiawan” sebagai: (1) seseorang yang memiliki kemampuan atau pandai menggunakan alat-alat yang ada untuk menyelesaikan permasalahan; (2) kemampuan menggunakan alat yang murah untuk hasil yang maksimal; (3) keahlian menerobos segala rintangan dan banyak permasalahan dalam satu waktu dengan satu cara yang sederhana; (4) memiliki konsistensi dalam tindakan sehari-hari dan terus meningkat dari waktu ke waktu; (5) seseorang yang setia menggunakan aplikasi karya anak bangsa.

Author Biography

Asima Sitanggang, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Fiske, John. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.
Hoed, Benny H. (2011). Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya, Jakarta: Komunitas Bambu
Morisan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative Research Approach). CV Budi Utama
Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya
Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdillah, Taufik. 2017. "Peran Cendikiawan dalam Pengembangan Pendidikan Kritis di Indonesia (Studi Pemikiran Antonio Gramsci)”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Aditia. 2016. Konstruksi Makna Kebebasan Wanita pada Iklan Tri (3) di Televisi. Jom Fisip. Vol. 3. 2
Arifin. 2018. Konstruksi Makna bagi Wanita Pengguna Vape di Kota Pekanbaru. Jom Fisip. Vol. 5. 1
Christiany Juditha. Meme in Social Media: Semiotic Analysis Of Hajj Lulung Memes. Jurnal Pekommas, Vol. 18 No. 2, Agustus 2015: 105 - 116

Dominikus Tulasi. Semiotika Atribut sebagai Pesan Komunikasi: Studi Kasis Atribut Ibu Anggota DPR RI. Jurnal Humaniora, Vol.5 No.2 Oktober 2014: 1193-1201
Intan Nur Halimah & Dedi Kurnia Syah Putra. 2016. Konstruksi Makna Media Massa: Telaah Presentasi Kepemimpinan melalui Semiologi Charles Sanders Peirce. Jurnal Communicate. Vol. 2, No. 1 Juli 2016 - Desember 2016, h: 27-34
Malika. Lestari. 2018. Analisis Semiotika dalam Iklan “Fair And Lovely” versi Nikah atau S2. Jurnal Egaliter. Vol. 1. 2
Mitak. 2017. Wacana Iklan Televisi Rokok Djarum 76 versi “Pengin Eksis”: Analisis Tanda menurut Roland Barthes. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis. Vol. 11. 2
Mudjiyanto. Nur. 2013. Semiotika dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika dan Media Massa. Vol. 16. 1
Mustafa, dkk. 2015. Membongkar makna dalam iklan “GREETING AIRASIA BELASUNGKAWA”. Jakarta: Kompas Gramedia. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 14, No. 3
Pristiana, Ardyanto. 2014."Analisis Bentuk Kreatif, Variasi Kata dan Permainan Bahasa dalam Display Picture Blackberry Messenger". Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Puspitasari Rakhmat & Jeanny Maria Fatimah. Makna Pesan Simbolik Non Verbal Tradisi Mappadendang di Kabupaten Pinrang. Jurnal Komunikasi Kareba, Vol. 5 No.2 Juli-Desember 2016 h. 331-348

Sintya Winarsih & Dianingtyas Murtanti Putri. Representasi Feminisme dalam Media untuk Pria Talkmen.com. Journal Communication Spectrum, Vol. 4 No. 1 Februari 2014 – Juli 2014

KBBI. 2020. Arti kata cerdik. https://kbbi.web.id/cerdik. Diakses pada Kamis, 12 Januari 2020 pukul 11.46 WIB.
KBBI. 2020. Arti kata cerdik. https://kbbi.web.id/cendekiawan-atau-cendikiawan. Diakses pada Kamis, 12 Januari 2020 pukul 11.50 WIB.

Downloads

Published

2019-12-23

How to Cite

Sitanggang, A. (2019). Konstruksi Makna Iklan “Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan”. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(2), 48–63. https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i2.45