Pengelolaan Media Sosial Peace Generation Indonesia Dalam Mengampanyekan Nilai-Nilai Perdamaian

Penulis

  • Aat Ruchiat Nugraha Nugraha Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.65

Kata Kunci:

Instagram, strategi komunikasi, perencanaan media sosial, peace generation Indonesia, teknologi komunikasi

Abstrak

Kemajuan teknologi semakin cepat menyebabkan perubahan dalam berbagai hal, terutama meningkatnya penggunaan internet yang semakin pesat yang dapat dimanfaatkan untuk disalahgunakan dalam “memperkeruh” situasi kedamaian sosial. Melalui penggunan media sosial berupa Instagram yang dilakukan oleh Peace Generation Indonesia, berupaya untuk mengetahui perkembangan isu dan informasi yang terjadi di masyarakat dan sekaligus sebagai media kampanye dan penyebaran informasi pesan-pesan perdaiaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan situasi, penetapan tujuan, target audiens, strategi, taktik, timeline, dan anggaran pada media sosial instagram Peace Generation Indonesia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif berdasarkan teknik pengumpulan data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan situasi  yang saat ini disetiap bidang kehidupan di masyarakat sedang mengarah ke era digital dan banyak terdapat akun-akun media sosial yang bersifat “radikal”. Adapun pada penetapan tujuan yaitu untuk mengampanyekan nilai-nilai perdamaian kepada publik dengan target sasaran adalah generasi muda yang berada perkotaan. Untuk strategi yang dilakukan oleh Peace Generation Indonesia yaitu community engagement, Agent of Peace (AoP), special event, dan social media activation. Taktik yang digunakan oleh Peace Generation Indonesia adalah dengan cara mengidentifikasi masalah, diskusi, merancang pesan, dan mengunggah konten. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa tahapan dalam strategi pengelolaan media Instagram sudah sesuai dengan tahapan yang dikemukan oleh Regina Luttrell. Adapun sarannya adalah sebaiknya Peace Generation Indonesia dapat lebih mengkhususkan sasaran pesan kampanye perdaiaman.

Referensi

Abadi, Hidayat Surya.(2019). Media sosial dan antitesis jurnalisme. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7 (1), hal.17-29. https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i1.26

Gumilar, Gumgum.(2015). Pemanfaatan Instgram sebagai sarana promosi oleh pengelola industri kreatif fashion di kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 5 (2), 78-84.

Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23-30.

Luttrell, R. (2015). Social media : how to engage, share, and connect. Maryland: The Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc.

Onggo, Bob Julius. (2004). Cyber Public Relations: Strategi Membangun dan Mempertahankan Merek Global di Era Globalisasi Lewat Media Online. Jakarta: PT. Gramedia.

Prasanti, Ditha.(2016). Perubahan media komunikasi dalam pola komunikasi keluarga di era digital. Jurnal Commed, 1 (1), hal.69-81.

Satvikadewi, A.A.I.P & Kusumaningrum, H. (2019). Profil psikografis & penggunaan media pada kelompok milenial pengunjung kebun binatang Surabaya. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7 (2), hal.15-28. https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i2.32

Sitanggang, A. (2019). Konstruksi Makna Iklan “Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan”. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(2), 48-63. https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i2.45

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Smith, Ronald D. 2004. Strategic Planning for Public Relations. London. Lawrence Erlbaum Associatses, Publishers.

Weinmann, G. (2006). Terror on the Internet: The New Arena, The New Challenges.

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa Diakses pada tanggal 30 Oktober 2019 pukul 09.45 WIB.

https://tirto.id/pengguna-facebook-instagram-di-indonesia-terbanyak-ke-4-di-dunia-ee8n Diakses pada tanggal 30 Oktober 2019 pukul 10.05 WIB

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190314125824-37-60635/instagram-error-berapa-jumlah-penggunanya-di-ri Diakses pada tanggal 30 Oktober 2019 pukul 10.12 WIB.

Instagram Peace Generation Indonesia. https://www.instagram.peacegenid/

Website Peace Generation Indonesia. https://www.peacegen.id/ Diakses pada tanggal 15 November 2019 pukul 12.18 WIB

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Nugraha, A. R. N. (2020). Pengelolaan Media Sosial Peace Generation Indonesia Dalam Mengampanyekan Nilai-Nilai Perdamaian . Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 58–77. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.65