Marketing Communication Strategy for Warung Makan Madun Oseng Nyak Kopsah Through the Tiktok Social Media Account @madunosengoseng in Promoting Authentic Indonesian Culinary
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v12i1.632Kata Kunci:
Marketing Communication Strategy, IMC, Promotion, Social Media, Indonesian CulinaryAbstrak
Kuliner Indonesia merupakan hasil budaya multikultural yang tersebar di 38 provinsi. Salah satu kuliner khas Indonesia yang menarik adalah kuliner khas Betawi yaitu Warung Madun Oseng Nyak Kopsah, sebuah warung makan yang menyajikan menu khas Betawi dan masakan rumahan lainnya. Warung yang berdiri sejak tahun 1997 ini kini berinovasi dengan memanfaatkan media sosial TikTok sebagai media promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Akun Tiktok @madunosengoseng dalam Mempromosikan Kuliner Asli Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Pemasaran Terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui akun tiktok @madunosengoseng, dengan konten yang temanya mengandung delapan unsur komunikasi pemasaran terpadu, memberikan informasi mengenai menu makanan, dan juga menyajikan konten yang bersifat menghibur. Salah satu konten yang menghibur adalah kemunculan sosok Nyak Kopsah yang "viral". Strategi promosi yang dilakukan melalui akun TikTok @madunosengoseng berhasil membuat kuliner khas Betawi dikenal dan digemari masyarakat luas.
Referensi
Avenzora, Darusman, D., Prihatno, J., Untari, D. T. (2014). The Business Potentials Of Betawi Traditional Culinary On Traditional Culinary Ecotourism Market In The DKI Jakarta, Prosiding International Seminar On Tourism, ISBN 079378649-4, p. 516-523.
Azhari, S., Ardiansah, I. (2022) Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez). Jurnal Manajemen Agribisnis, 10 (2). https://doi.org/10.24843/JMA.2022.v10.i01.p02
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Content Marketing Institute, 2015. What is Content Marketing?. [online] Available at: http://contentmarketinginstitute.com/what-is-content-marketing/
Cook, W.A. (2004) Editorial: IMC’s fuzzy picture: breakthrough or breakdown? Journal of Advertising Research, 44 (1), 1–2.
Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Anak-Anak Di Bawah Umur Di Indonesia. Communication, 10 (1), April 2019 April, 1–15. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v10i1.809
Databoks. (20 Juni 2022). BPS: 71,74 % Usaha Makanan & Minuman di Indonesia Gunakan Media Online untuk Promosi https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/20/bps-7174-usaha-makanan-minuman-di-indonesia-gunakan-media-online-untuk-promosi. Bandingkan dengan https://goodstats.id/article/lebih-dari-10000-usaha-kuliner-ada-di-indonesia-bagaimana-statistiknya-OTIU5
Dewa, C. B., dan Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12 (1). doi:https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Flew, T. (2008). An Introduction (3rd edition). Sount Melbourne. Oxford University Press.
Grove, S.J., Carlson, L., and Dorsch, M.J. (2002) Addressing Services’ intangibility through integrated marketing communication: an exploratory study. The Journal of Services Marketing, 16 (5), 393–411. https://doi.org/10.1108/08876040210436876
Gobel, V. S. J., Mingkid, E., & Waleleng, G. J. (2017) Analisis Komunikasi Pemasaran Satuan Penugasan Pariwisata Di Provinsi Sulawesi Utara (Studi Pada Program Kunjungan 10.000 Turis Tiongkok). e-journal “Acta Diurna, 6 (1).
Hakim, H. I, Ohorella, N. R., & Prihantoro, E. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi. 1 (2). https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802
Jakarta.go.id. (18 April 2018). Betawi, suku. https://dinaskebudayaan.jakarta.go.id/encyclopedia/blog/2018/04/Betawi-Suku
1. Kemenperin. (11 Nopember 2022). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022
Kitchen, P.J., Brignell, J., Lit, T., and Jones, G.S. (2004) The emergence of IMC: a theoretical perspective. Journal of Advertising Research, 44 (1), 19–30 https://doi.org/10.1017/S0021849904040048
Koentjaraningrat. (1996). Pengantar Antropologi Jilid I, Jakarta. Rineka Cipta.
Kominfo: Blokir Tik Tok Hanya Sementara (4 Juli 2018). https://www.kominfo.go.id/content/detail/13332/kominfo-blokir-tik-tok-hanya-sementara/0/sorotan_media?a=VP20891D
Kotler, P., & Keller, K, L. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 & 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016) Marketing Management. Person. India
Lucia, R. H., Kawatak, S. Y., Saerang, D. P. E., Maramis, J. B., Worang, F. G., Wenas, R. S. (2022). Mempromosikan Kuliner Khas Kota Manado Pada Media Sosial Di Masa Tatanan Normal Baru Promoting Manado City’s Indigenous Culinary On Social Media During The New Normal Era. Jurnal EMBA. 10 (2). 1013-1021. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41308.
Marketing-Schools.org, 2016. Inbound Marketing - Explore the Strategy of Inbound Marketing. [online] Available at:< http://www.marketing-schools.org/types-of-marketing/inbound-marketing.html
McGrath, J.M. (2005) A pilot study testing aspects of the integrated marketing communications concept. Journal of Marketing Communications, 11 (3), 1–20. https://doi.org/10.1080/1352726042000333199
Musyaffa, N. Q., Dunan, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Popolo Coffee Melalui Akun Instagram. Jurnal Diakom. 2 (2). 159-166. https://doi.org/10.17933/diakom.v2i2.59
Panuju, Redi. (2019). Komunikasi Pemasaran Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran, Edisi Pertama. Jakarta. Kencana.
Putri, S. D., dan Azeharie, Suzy. (2021) Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Jurnal Koneksi. 5 (2), 280-288. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10300
Rachmawati, Hilda. (2021). Komunikasi Merek di Media Sosial & Penerapannya Pada TV Berita, Yogyakarta. Deepublish Publisher.
Saidi, Ridwan. (1997). Profil Orang Betawi. asal muasal, kebudayaan, dan adat istiadatnya. Jakarta: PT. Gunara Kata.
Satori, Djam’an, & Komariah, Aan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
Schultz, D.E. (1993) We simply can’t afford to go back to mass marketing. Marketing News, 27 (4), 20.
Schultz, D.E. (2004) IMC receives more appropriate definition. Marketing News, 38 (15), 8–9.
Schultz, D.E., Tannenbaum, S.I., and Lauterborn, R.F. (1993) Integrated Marketing Communications, NTC Publishing Group, Lincolnwood (Chicago).
Silviani, I., Darus, P. (2021). Strategi komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Surabaya. Scopindo.
Soemanagara, Rd. (2006). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis dan Terapan. Bandung. PT. Alfabeta
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatf kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta, 2022
Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Umar, H. (2005). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Untari, D. T. (2019). Manajemen Pemasaran: Kasus Dalam Pengembangkan Pasar Wisata Kuliner Tradisional Betawi. Banyumas. CV. Pena Persada
Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36-44. https://doi.org/10.35814/coverage.v8i2.588
White, E. (2015). In the American Grain. The Oxford Critical and Cultural History of Modernist Magazines, 2(2), 249–270. https://doi.org/10.1093/acprof:osobl/9780199545810.003.0014
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Spektrum Komunikasi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.