Peendorsement Akun Instagram @TasyaFarasya Terhadap Minat Beli Pengikutnya
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i2.313Kata Kunci:
Endorsement, Instagram, Tasya Farasya, Minat beli.Abstrak
Internet menambah kemudahan masyarakat untuk mengakses informasi kapan dan dimana saja. Begitu juga dengan trend pemasaran, saat ini pemasaran sudah merambah ke digital marketing, dimana pemasarana sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan sosial media atau media digital. Melalui media sosial pelaku bisnis dapat menarik konsumen dengan konten-konten yang kreatif. salah satunya dengan metode beauty endorser atau influencer, para influencer ini membuat konten-konten endorsement produk-produk tertentu untuk menarik minat beli konsumen. penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh endorsement akun instagram @tasyafarasya terhadap minat beli produk kecantikan. Teknik pengumpulan data ini yaitu penyebaran kuesioner menggunakan google form kepada 100 responden yakni followers dan metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil pada penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan endorsement Akun instagram @TasyaFarasya terhadap minat beli pengikutnya, dibuktikan dengan hasil regresi linier nilai sig 0,00 < 0,05 yang berarti variabel X endorsement akun Instagram @TasyaFarasya memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Y minat beli pengikutnya dengan kecenderungan pengaruh sebesar 34,7%, keduanya memiliki korelasi hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,645 dan koefisien determinasi sebesar 54,8%. Hasil tersebut mengartikan bahwa endorsement di Instagram berperan penting dalam bisnis melalui proses komunikasi dengan followers atau pengikutnya sehingga pengikutnya memiliki minat untuk membeli produk kecantikan
Referensi
Amanda, L., & Mudiantono. (2015). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Penjualan Terhadap Keunggulan Merek Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Mio (Studi Kasus Pada Warga Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 4(3), 1–12.
Aminullah JR, R. X., & Kristiyono, J. (2021). Internet Marketing Strategy Demandailing Café in Building a Digital Brand on Instagram. Communicare: Journal of Communication Studies, 8(2), 165-178. https://doi.org/10.37535/101008220216
Cholifah, N., Suharyono, S., & Hidayat, K. (2016). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 170–177.
Dalam, F., Pembelian, K., & Kecantikan, P. (n.d.). Pesan persuasi beauty influencer pada akun youtube tasya farasya dalam keputusan pembelian produk kecantikan.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen (1). Universitas Diponegoro.
Ismu Putra Herdrianto, Ilham Danu, M., Dwi Ardiansah, Y., Dwi Hermawan, N., Azhimi, F., & Ayu Oktarina, R. (2021). INDONESIA Media Promosi Budidaya Hasil Tambak Rumput Laut Samudera Hijau Dusun Tanjungsari Kecamatan Jabon Sidoarjo: INDONESIA. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i2.187
Nayak, J. K., & Singh, P. (2015). Fundamentals Of Research Methodology Problems And Prospects (First Edit). SSDN Publisher And Distributors.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Onong U. (Uchjana) Effendy. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Ramadhanty, P., & Malau, R. M. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Content Instagram @kedaikopikulo terhadap Sikap Konsumen. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1–15.
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi = Integrated marketing communication in advertising and promotion (Edisi 8). Salemba Empat.
Tatik Suryani. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.
Terence A.
Shimp. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga.


.jpg)

