Penerapan Peran Public Relation Dalam Media Digital PT.Lokatara Karya Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i2.314Kata Kunci:
Peran Public Relations, Media DigitalAbstrak
Perkembangan teknologi yang sangat pesat menciptakan sebuah media baru di masyarakat yaitu digital. Media digital saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat apalagi selama masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, profesi public relations perlu mengikuti perkembangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diambil bersumber dari hasil wawancara dan analisa dari media digital PT Lokatara Karya Indonesia. Hasil simpulan menunjukan bahwa penerapan peran public relations PT Lokatara Karya Indonesia di dalam Media Digital belum sepenuhnya dijalankan. Dari empat teori peran yang dikemukakan oleh Dozier & Broom, yaitu penasehat ahli (expert prescriber), fasilitator komunikasi (communications fasilitator), fasilitator proses pemecahan masalah (problem solving process fasilitator), dan teknisi komunikasi (communications technician), PT Lokatara Karya Indonesia hanya menjalankan dua peran secara aktif. Peran yang dilaksanakan maksimal adalah Fasilitator Komunikasi dan Teknisi Komunikasi.
Referensi
Abdullah, F. (2019). Fenomena Digital Era REvulusi Industri 4.0. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Berenbang. (2021, Oktober 12). kemnaker.go.id. Retrieved from Kementrian Tenaga Kerja: https://kemnaker.go.id/news/detail/survei-kemnaker-88-persen-perusahaan-terdampak-pandemi-covid-19
Buckingham, D. (2008). Youth, Identity, And Digital Media. Cambridge: The John D. and Catherine T. MacArthur Foundation Series on Digital Media and Learning.
Cahyaningsih, E. (2015). PERAN HUMAS DALAM RANGKA MEMBANGUN CITRA DAN MEMPROMOSIKAN SMK PGRI 1 SENTOLO KULON PROGO. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). Handbook of Qualitative Research. California: SAGE Publications, Inc.
Faishal, S. (2008). Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fauzi, R. (2017). PERUBAHAN BUDAYA KOMUNIKASI PADA PENGGUNA WHATSAPP DI ERA MEDIA BARU. Jakarta: Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan.
Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hajati, R. P., Perbawasari, S., & Hafiar, H. (2018). MANAJEMEN AKTIVITAS MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM. Meta Communication; Journal Of Communication Studies, 57-75.
Hakim, A. R. (2015). STRATEGI CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IMAGE) PADA PT.BANK SYARIAH MANDIRI, Tbk. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Henslowe, P. (1999). Public Relations: A Practical Guide To The Basics. London: Kogan Page Limited.
Hermawati. (2017). STRATEGI MANAJEMEN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LUBUK PAKAM KAB. DELI SERDANG. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Juwito. (2008). PUBLIC RELATIONS. Surabaya: UPN PRESS.


.jpg)

