Efektivitas Akun Podcast Mendoan Sebagai Media Hiburan Dikalangan Remaja Surabaya

Penulis

  • Krisna Bagus Prayoga Stikosa-AWS
  • Jokhanan Kristiyono Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i2.315

Kata Kunci:

Bahasa Jawa, Podcast Mendoan

Abstrak

Fenomena yang peneliti angkat adalah menjamurnya Laskar Mendoan (fans podcast mendoan) yang membuat podcast tersebut mampu merangsek podcast milik artis papan atas. Semua episode podcast tersebut hampir rata-rata menggunakan bahasa Jawa yang tidak semua orang mengerti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dari podcast Mendoan dalam memberikan konten hiburan melalui podcast pada suatu penelitian diperlukan adanya metode atau cara bagi peneliti sebagai langkah memecahkan suatu maslah untuk mencapai suatu tujuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Menutut Sugiyono, metode penilitan adalah cara ilimiah yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan, sesuatu pengetahuan tertentu sehingga pada bagiannya dapat digunakan untuk memahami dan memecahkan masalah (Sugiyono, 2012). Berdasarkan hasil uji t, podcast mendoan diperoleh adanya pengaruh secara parsial terhadap minat pendengar. Berdasarkan hasil uji F variabel podcast mendoan secara simultan berpengaruh terhadap minat pendengar. Diharapkan podcaster dapat terus mempertahankan kualitas konten dan mengembangkan tema yang dibawakan agar di masa depan dapat lebih berkembang serta diterima berbagai lapisan masyarakat.

Referensi

Amira, D. (2021,). kapanlagi. Retrieved from Podcast Adalah Sebuah Media Konten, Berikut Sejarah, Jenis Cara Membuatnya.

Bayu, D. J. (2021). databoks. Retrieved from Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia.

Deddy Mulyana, Jalaludin Rakhmat (2006). Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Denis McQuail. (1987). Mass Communication Theory Jakarta: Erlangga.

Djoenaesih dan Sunarjo, Himpunan Istilah Komunikasi: edisi kedua,(Yogyakarta: Liberty, (1983), 70-71

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Flew, T. (2008). New Media : an introduction. New York: Oxford University Pers.

Geoghegan, M. W. & K. (2007). Podcast Solution: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting. USA: Friendsof

Hammersley, B. (2004, februari 12). The Guardian. Retrieved from Audible Revolution (Online radio is booming thanks to iPods, cheap audio software and weblogs): https://www.theguardian.com/media/2004/feb/12/broadcasting.digitalmedia

Herbert Blumer, E. K. (2018). Uses And Gratification. Medan: USU Press.

Judith N. Martin, Thomas. K. (2010). Intercultural Communication in Contexts. Boston: McGraw Hill, hal 92.

Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23-30.

Liliweri, A. (2001). Gatra-gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liliweri, A. (2001). Gatra-gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hal. 32.

Luky. (2019). Podcast sebagai media on-Demand alternatif di Indonesia. Techinasia.Com. https://id.techinasia.com/perkembangan-podcast-di-indonesia

Richard West, Lynn H.Turner. (2010). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. (Jakarta: Salemba Humanika,

Sugiyono.(2012) Metode Penelitian Pendidikan, cetakan ke-15. Bandung: Alfabeta, September.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tee, M. (2006). Podcasting for Dummies. USA

Ting-Toomey, S. (1999). Communicating Across Cultures. New York: The Guilford Press

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-27

Terbitan

Bagian

Articles