Pengaruh Kampanye Media Online ‘Kitabisa.Com’ Terhadap Minat Berdonasi

Penulis

  • Meganing Laras Saputri Stikosa-AWS
  • Nurtyasih Wibawanti Ratna Amina Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i2.317

Kata Kunci:

Crowfunding, Kitabisa.com, Interest in Donating.

Abstrak

Kitabisa.com merupakan sebuah platform crowdfunding yang cukup populer untuk melakukan penggalangan dana berbentuk kampanye donasi sejak tahun 2013 dengan menangkat isu permasalahan sosial yang diproduksi melalui Kitabisa disebarkan ke publik untuk digunakan sebagai alat untuk mendapatkan peningkatan finansial . Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh  kampanye pada website Kitabisa.com sebagai platform crowdfunding terhadap minat berdonasi anggota dari Komunitasnya yaitu #OrangBaik Kitabisa.com. Terpilih 100 responden yang memenuhi kriteria peneliti dari 5000 anggota yang diambil dari komunitas tersebut. Penelitian ini menggunakan teori AIDDA yang menjelaskan suatu proses psikologis yang terjadi pada diri khalayak komunikan dalam menerima pesan komunikasi. Metode pada penelitian ini menggunakan korelasi kuantitatif dengan memberikan kuesioner melalui google form. Dengan data yang diperoleh melalui kuisoner yang disebar kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukan kampanye dapat mempengaruhi sehingga timbulnya minat berdonasi yaitu sebesar 58,2 persen.Sehingga dapat hal ini dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan atau terdapat pengaruh signifikan antara kampanye Kitabisa.com  terhadap minat berdonasi anggota komunitas.

Referensi

Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Alo, L. (2011). Komunikasi Antar Personal. Remaja Rosda Karya.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

de Vaus, D. (2002). Analyzing Social Science Data. New Delhi : Sage Publications.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Effendy. (2017). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra. Aditya Bakti.

Hakim, L., & Amina, N. W. R. (2021). Analisis Framing Acara Rosi di Kompas TV Episode Ganja: Mitos dan Fakta Periode 6 Februari 2020. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 31-41. https://doi.org/10.37826/digicom.v1i1.213

Hugiono, & Poerwantana. (2000). Pengantar Ilmu Sejarah. PT Bina Aksara.

Ilham, P. (2006). Komunikasi Pemasaran, Strategi dan Taktik. Ghalia Indonesia.

Kitabisa.com. (2020). Kampanye. https://kitabisa.com/campaign

Kiwi. (2020). Mengenal Apa Itu Fintech dan Jenis-Jenisnya di Indonesia. https://kiwialiwarga.com/mengenal-apa-itu-fintech-dan-jenis-jenisnya-di-indonesia/

Kotler. (2018). Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. PT. Kencana Perdana.

Mantra, I. (2004). Filsafat Penelitian & Metode Penlitian Sosial. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Martono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Raja Grafindo Persada.

McQuail. (2011). McQuail’s Mass Communication Theory. SAGE Publications, Ltd.

Muhibbin, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Mulyana. (2005). lmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya.

Nasrum, A. (2020). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Era Globalisasi.

https://www.kompasiana.com/arnaldinasrum/550045e7a33311bb7451058d/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-era-globalisasi

Nurudin. (2004). Komunikasi Massa. CESPUR.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Short, J. C. (2017). Research on Crowdfunding: Reviewing the (Very Recent) Past and Celebrating the Present’. Entrepreneurship: Theory and Practice, 41(2), 149–160.

Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN BISNIS (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Suprihatin, S. (2019). IDENTITAS DIRI PEREMPUAN DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(1), 1-19.

Tamburaka. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media. Raja Grafindo Persada.

Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran. Andi Publisher.

Uchjana, O., & Effendy. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Citra Aditya Bakt.

Ulber, S. (2009). Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-27

Terbitan

Bagian

Articles