Strategi Digital Marketing untuk Generasi Muda Studi Kasus: Applikasi Spotify di Indonesia

Penulis

  • Anita Agustina Wulandari Stikosa - AWS
  • Octavia Dwi Xenora Stikosa - AWS
  • Aulia Afniar Rahmawati Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v5i1.878

Kata Kunci:

Strategi, Digital Marketing, Generasi Muda, Aplikasi, Sportify

Abstrak

Penelitian ini akan menguraikan beberapa strategi digital marketing Spotify di Indonesia dan mengevaluasi efektivitas pendekatan ini dalam meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan, terutama di kalangan generasi muda. Melalui analisis studi kasus Spotify, kita akan melihat bagaimana digital marketing memainkan peran penting dalam memperkuat posisi merek di industri streaming musik yang kompetitif. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi digital marketing menggunakan media untuk menjangkau anak muda. Melalui beragam pilihan seperti format online yang ada pada fitur Spotify For Brands dan menggunakan kekuatan aplikasi Spotify di Indonesia. Penelitian tentang aplikasi musik streaming Spotify dirasakan sangat penting untuk dilakukan pada saat ini, mengingat referensi tentang Spotify masih didominasi oleh Generasi Z dan Generasi Milenial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Selanjutnya, data-data yang diperoleh dituangkan ke dalam sub-bab yang sesuai untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Berdasarkan analisis strategi digital marketing Spotify yang didasarkan pada behavioral intention, dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan loyalitas di kalangan generasi muda Indonesia. Spotify memanfaatkan kombinasi data analytics dan pemahaman mendalam tentang niat perilaku pengguna untuk menyediakan konten yang relevan dan menarik bagi setiap individu.

Referensi

Crook, J., Tepper, F. (29 Juli 2015). A Brief History of Spotify. TechCrunch.com. Diakses dari: https://techcrunch.com/gallery/a-brief-history-of-spotify/

(27 November 2017).

Iram, M., & Chopade, T. (2018). Effectiveness of Digital Advertising on Instagram Followers. International Conference Business Remodelling: Exploring New Initiatives In Key Business Functions (pp. 283-302). Nagpur: Tripude Institue of Management Education.

Kiendl, W. (Mei 2014). Spotify’s Time. Music Business Journal (Berklee College of Music). TheMBJ.org. Diakses dari: http://www.thembj.org/2014/05/spotifys-time/

(30 November 2017).

Pasma Sanrawati Sitanggang. 2022. Strategi Pemasaran Global Terhadap Netflix. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. (diakses 4 Desember 2023). https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/701/563

Puspitasari, E. D., & Arkansyah, M. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Penjualan Besi Baja pada PT Sarana Suksestama Sejahtera. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 133-145. https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.814

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Shania, L. V., & Prima, E. P. (2024). Strategi Public Relations Garda Pangan dalam Mensukseskan Pelaksanaan Program Food Rescue. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(3), 195-211. https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.814

Spotify & Kantar TNS Research. (2017). The New Audio Study: Reaching The Spotify Listeners In Indonesia. Spotify For Brand

The Nielsen Company. (2014). Millennials – Breaking The Myths. 3

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

arya.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31