Strategi Komunikasi Bisnis di TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Gresik

Penulis

  • Mochammad Arkansyah Stikosa - AWS
  • Arfiyansyah Stikosa - AWS
  • Yuga Adi Kusuma Stikosa - AWS
  • Salahudin Al Afgan Stikosa - AWS
  • Paskalis Dio Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v5i1.880

Kata Kunci:

TikTok Shop, Strategi Komunikasi, UMKM, Kabupaten Gresik, Penjualan Produk, Media Sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi bisnis yang digunakan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik melalui platform TikTok Shop dalam upaya meningkatkan penjualan produk mereka. TikTok Shop sebagai platform e-commerce berbasis media sosial menyediakan fitur interaktif yang memungkinkan UMKM untuk mempromosikan produk secara kreatif melalui video singkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa UMKM di Kabupaten Gresik yang aktif menggunakan TikTok Shop. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik UMKM dan analisis konten video pada akun TikTok mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang efektif meliputi pembuatan konten yang autentik, kolaborasi dengan influencer lokal, serta pemanfaatan fitur live shopping untuk membangun interaksi langsung dengan konsumen. Selain itu, pengoptimalan penggunaan hashtag dan tren terkini di TikTok juga berkontribusi terhadap peningkatan visibilitas dan penjualan produk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adopsi strategi komunikasi digital yang adaptif terhadap karakteristik platform TikTok Shop dapat membantu UMKM di Kabupaten Gresik meningkatkan penjualan produk mereka. Implikasi dari penelitian ini memberikan panduan bagi pelaku UMKM dan pemangku kepentingan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif.

Referensi

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., & Nuryaningrum, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.

Delang, M. P. R., Sari, R. P., & Al Afgan, S. (2024). Komunikasi Pemasaran Kebun Binatang Surabaya Melalui Media Sosial TikTok@ Kebunbinatangsurabaya. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(4), 378-382. DOI: https://doi.org/10.37826/digicom.v4i4.836

Setyawan, R. (2023). Pengaruh Sales Promotion dan Konten TikTok Shop terhadap Minat Beli Konsumen. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Farrel, M. R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Peningkatan Penjualan pada UMKM di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kusumawati, Y., & Arkansyah, M. A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Tambora Surabaya Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(1), 84-89. DOI: https://doi.org/10.37826/digicom.v4i1.776

Sari, D. P., & Prasetyo, A. (2023). Analisis Strategi Bisnis UMKM melalui Pemanfaatan Media Sosial TikTok Shop. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 45-60.

Pratama, A. R., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Kredibilitas dan Kualitas Pelayanan Host Live terhadap Minat Beli Konsumen di Aplikasi TikTok pada Masyarakat Kecamatan Wringinanom. Jurnal Sosial Ekonomi, 10(2), 123-135.

Puspitasari, E. D., & Arkansyah, M. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Penjualan Besi Baja pada PT Sarana Suksestama Sejahtera. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 133-145. https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.814

Sari, A. P. (2023). Studi Kasus Penggunaan TikTok Shop oleh Sylviea Collection sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 12(2), 78-89.

Suhartoyo, A. R., & Wulandari, A. A. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDITING VIDEO BAGI GENERASI Z. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 95-104. DOI: https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.794

Wijaya, I. G. O. R., & Kristiyono, J. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Media Luar Ruang Pada CV A&A Real Estate Sebagai Keputusan Pembeli. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(1), 40-51. DOI: https://doi.org/10.37826/digicom.v4i1.772

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31