Analysis Integrated Marketing Communication Reddoorz East Java 1 in Redseller Application
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v11i2.467Kata Kunci:
Integrated Marketing, Communication, RedDoorz, ResellerAbstrak
Adanya program reseller dalam bisnis online memiliki peran sebagai perpanjangan tangan atau fungsi dalam distribusi. Bagian dari aktivitas pengecer adalah promosi produk atau layanan dengan imbalan komisi dari setiap transaksi. Dengan menjamurnya program reseller, RedDoorz Hotel Indonesia menangkap peluang dan menawarkan program reseller resmi untuk memasarkan kamar hotel RedDoorz melalui aplikasi RedSeller. RedDoorz adalah startup berbasis hotel yang berspesialisasi dalam teknologi digital. Berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi IMC (Integrated Marketing Communication) yang diterapkan dalam menginformasikan dan mempromosikan program reseller kepada masyarakat melalui aplikasi RedSeller. Penelitian ini termasuk kualitatif yang dideskripsikan secara deskriptif. Dalam studi ini, wawancara dikumpulkan melalui metode wawancara terbuka sehingga informan dapat memberikan jawaban atau menanggapi dengan kalimatnya sendiri. Peneliti memilih dua orang informan yang bekerja sebagai Area Manager dan Senior Corporate Sales & Marketing di Red Doorz Hotel Indonesia Area 1 Jawa Timur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa semua elemen IMC telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik, namun beberapa elemen dianggap efektif dan belum berjalan dengan baik. telah diterapkan secara efektif dalam menginformasikan dan mempromosikan program reseller aplikasi RedSeller. Pemasaran langsung, promosi penjualan, periklanan, pemasaran dari mulut ke mulut, dan strategi pemasaran interaktif dianggap efektif. Sedangkan hubungan masyarakat, personal selling, event, dan pengalaman belum efektif.
Referensi
Aesthetika, N. M., & Febriana, P. (2017). Integrated Marketing Communication Wisata Pulau Bawean. Prosiding Seminar dan Call For Paper Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 276–285. https://www.researchgate.net/publication/326483615_Integrated_Marketing_Communication_Bawean_Island_Tour/fulltext/5b5092de45851507a7affb51/Integrated-Marketing-Communication-Bawean-Island-Tour.pdf
Annur, C. M. (2022). Startup Perjalanan & Perhotelan Paling Populer di Indonesia (Kuartal I-2022). databoks katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/21/suka-traveling-intip-6-startup-perjalanan-perhotelan-paling-populer-di-indonesia
Astuti, W. D., & Kaligis, R. A. W. (2021). Pengaruh Promosi Buku Penerbit Mediakita di Instagram terhadap Proses Keputusan Pembelian Generasi Z.
Felita, P., & Oktivera, E. (2019). Pengaruh Sales Prpmotion Shopee Indonesia terhadap Implusive Buying Konsumen Studi Kasus: Impulsive Buying pada Mahasiswa STIKS Tarakanita. In Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis (Vol. 4, Nomor 2).
Firmansyah, A. M. (2020). Komunikasi Pemasaran (Tim Qiara Media (ed.); 1 ed.). Penerbit Qiara Media.
Hakanna, IA Ratnamulyani, & AA Kusumadinata. (2018). Strategi Public Relations dalam Menjaga Corporate Image di PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Image In PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Hakanna 1a , IA Ratnamulyani 2 , AA Kusumadinata 3.
Haryono, G. C. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (Restiani Esti Dewi (ed.); 1 ed., Vol. 355). Jejak.
Ilmy, M. D. (2021). Implementasi Strategi Integrated Marketing Communication Gerai Kopi di Masa Pandemi Covid-19 Miggy Dunovan Ilmy (Vol. 4). www.covid19.go.id
Kusumasari, R. N., & Afrilia, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandumg Dalam Meningkatkan Penjualan. In Jurnal Sain Manajemen (Vol. 2, Nomor 1). http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Kusumawati, F. (2020). Tren Virtual Hotel Operator (VHO) dI Yogyakarta (Studi Kasus Hotel OYO). 18(8). https://doi.org/10.36275/mws
Lancia, F. (2019). Optimalisasi Kualitas Pelyanan pada Online Store (Toko Online) melalui Komunikasi Pemasaran Interaktif untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Kualitas Pelayanan www.gramedia.com). Jurnal AKRAB JUARA, 4(5), 165–182.
Morissan. (2010). Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu (Irfan Fahmi & Jefry (ed.); 1 ed., Vol. 394). Kencana.
Nilamsari, N., Febryansyah, A., & Toruan, R. R. (2021). Integrated Marketing Communications Activities of RedDoorz Indonesia: A Strategy to Preserve The Business During Covid-19 Pandemic. ICCD, 3(1), 427–431. https://doi.org/10.33068/iccd.vol3.iss1.394
Nugroho, A. C. (2018). Amit Saberwal, Kembangkan RedDoorz Untuk Revolusi Industri Pariwisata Asia Tenggara. Bisnis.com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20180207/12/735521/amit-saberwal-kembangkan-reddoorz-untuk-revolusi-industri-pariwisata-asia-tenggara
Oktavania, W. P. (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia (Vol. 2, Nomor 1).
Pebrian, B. (2021). Kegiatan Personal Selling dalam Memasarkan Indihome. PRoListik Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1).
Prakarsa, G., Maharani Nasution, V., & Gapura Bhagya, T. (2021). Model Penerimaan Pengguna untuk Aplikasi Mobile Virtual Hotel Operator. Jurnal Sains dan Teknik, 3(1). http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/sainteks/hal.
Puspa, N. O., Hernawati, R., & Bandung, I. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Hubungan Masyarakat , 1(1). https://doi.org/10.29313/.v0i0.7101
Putri, A. R., & Dianita, I. A. (2021). Penggunaan Facebook Ads oleh Evermos sebagai Media Iklan Online Kepada Reseller Use Of Facebook Ads By Evermos As An Online Advertising Media to Resellers.
Putri, R. T. A., Pinariya, Janette, M., & Maulidianty, Ghina, D. (2022). Taktik Integrated Marketing Communications Pada Umkm Pengrajin Batik Solo. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 7(1), 96. https://doi.org/10.20527/mc.v7i1.11735
Resky, K., Sucipto, R., & Fauziah Yahya, A. (2022). Strategi komunikasi pemasaran digital subway indonesia melalui reels instagram @subway.indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(1), 68–78. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp
Rezeky, R. T. M. L. (2018). Proses Implementasi Word Of Mouth dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 155–166.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Sari, E. A., & Sinatra, W. L. (2019). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru.
Sumiyati, Euis Komalawati, & Angelika Rosma. (2019). Strategi Public Relations Dalam Rebranding Bekasi Square Menjadi Revo Town. Jurnal Lugas, 3(2), 110–118.
Syafii, A. (2013). Step By Step Bisnis Dropshiping & Reseller. Elex Media Komputindo.
Tranggono, D., Nidita, A., & Juwito, P. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @Nacificofficial.id. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2).
Yanurianto. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) terhadap Keputusan Pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2).
Yogantari, V. M., & Widyaswari, W. A. A. G. I. (2019). Efektifitas Instagram Sebagai Sarana Periklanan Baru di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional. https://www.researchgate.net/profile/Made-Yogantari/publication/332446089_Efektifitas_Instagram_Sebagai_Sarana_Periklanan_Baru_di_Era_Digital/links/5cb5e0cc4585156cd79d8848/Efektifitas-Instagram-Sebagai-Sarana-Periklanan-Baru-di-Era-Digital.pdf














