Implementation of Event and Experience Strategy in Marketing Communication at Tamo Venue Surabaya

Penulis

  • Keisya Calysta Universitas Ciputra
  • Hilda Yunita Wono

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v13i2.920

Kata Kunci:

Tamo Venue, Venue Surabaya, Integrated Marketing Communication, event, Experience

Abstrak

Pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di Surabaya sebagai pusat industri, telah meningkatkan permintaan akan layanan penyewaan tempat untuk mengakomodasi berbagai acara, termasuk pernikahan, ulang tahun, pertemuan perusahaan, dan pameran. Diantaranya, acara ulang tahun anak yang unik diperkenalkan oleh Tamo Venue, sebuah venue baru yang berlokasi di Surabaya Barat. Acara ini menonjol karena belum pernah ada acara serupa yang diadakan di kota

tersebut. Tamo Venue mengadopsi strategi event dan pengalaman sebagai bagian dari Integrated Marketing Communication (IMC) untuk meningkatkan pengenalan merek dan kinerja bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji implementasi strategi ini oleh Tamo Venue. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, dokumentasi, dan studi literatur. Wawancara dilakukan dengan CEO, Kepala Bagian Acara dan Pemasaran, dan seorang pengunjung acara. Data dianalisis menggunakan NVivo 15 dan divalidasi melalui triangulasi sumber. Temuan menunjukkan bahwa Tamo Venue berhasil menerapkan enam elemen strategis: (1) keselarasan dengan tren MICE, (2) konsep acara yang orisinil, (3) eksekusi yang tidak berulang, (4) penciptaan pengalaman yang berwujud dan tidak berwujud, (5) suasana dan kualitas layanan, dan (6) pendekatan layanan yang adaptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Tamo secara efektif menciptakan pengalaman pengunjung yang positif dan mendukung upaya brandingnya. Penelitian ini berkontribusi pada studi komunikasi pemasaran dengan menunjukkan bagaimana strategi pengalaman dapat diterapkan secara praktis dalam industri venue di Indonesia.

Referensi

Alfraita, A., Widiyani Roosinda, F., & Bilga Ayu Permatasari, D. (2021). Joko Widodo’s anger in framing online media. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 90 - 104. https://doi.org/10.

Agit, A., Aini, L. N., Ananda, F., Ilyas, M., Hasanah, T., Bagenda, C., Sriyanah, N., Situmorang, B., Zahra, S., Efendi, S., Amane, A. P. O., Erick, Y. P., Ahmadin, W., & Siti Rokhmah. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Alaslan, A. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Depok: PT Rajagrafindo

Badan Pusat Statistik. (2024a, February 5). Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2023 Tumbuh 5,04 Persen (y-on-y). https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/02/05/2379/ekonomi-indonesia-triwulan-iv-2023-tumbuh-5-04-persen--y-on-y-.html

Badan Pusat Statistik. (2024b, May 6). Ekonomi Indonesia Triwulan I-2024 Tumbuh 5,11 Persen (Y-on-Y) dan Ekonomi Indonesia Triwulan I-2024 Terkontraksi 0,83 Persen (Q-to-Q). https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/2380/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2024-tumbuh-5-11-persen--y-on-y--dan-ekonomi-indonesia-triwulan-i-2024-terkontraksi-0-83-persen--q-to-q--.html

Bagaskara, D. Y., & Rohmadi. (2024). Analisis pemetaan media tentang pembiayaan rahn di Indonesia dengan NVivo 15 : Studi literatur review. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.53088/jmdb.v4i1.811

BAPPEDA. (2019, July 24). UMKM dan Kuliner. https://bappeda.serangkota.go.id/pages/umkm-dan-kuliner

BAPPENAS. (2022, July 10). Bappenas: Indonesia Andalkan Industri untuk Capai Pertumbuhan Ekonomi. https://www.bappenas.go.id/id/berita/bappenas-indonesia-andalkan-industri-untuk-capai-pertumbuhan-ekonomi-bmPfm

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bungin, B. (2022). Post-Qualitative Social Research Methods. Jakarta: Kencana.

Candra, K. Y. A., & Yasa, N. N. K. (2023). Event Marketing, E-wom, Citra Merek Terhadap Niat Beli: Konsep Dan Aplikasi. CV. Bali: Intelektual Manifes Media.

Dewi, I. K., Pandin, M. Y., & Daengs, A. (2022). Peningkatan Kinerja Umkm Melalui Pengelolaan Keuangan. Jurnal Ekonomi Akuntansi, 7(1), 232–26.

Dinas KOMINFO. (2023, December 14). Jatim Raih Penghargaan Resilience and Sustainable Industry dari Kemenperin. https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/jatim-raih-penghargaan-resilience-and-sustainable-industry-dari-kemenperin

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Hani, R. (2021). Strategi Event Public Relations Pada Expo ASESI Dalam Membangun Reputasi Sekolah Sunnah. Jurnal LONTAR, 9(1).

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management, 15th Edition. Boston: Pearson Learning Solutions.

Maghfirah, & Eriend, D. (2024). Strategi Experiental Marketing Akal Production Pada Event Loal Museum Melalui Media Sosial TikTok. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(1), 299–309.

Margareta, E., Natalia Purba, I., Safira Br Barus, D., Patrecia Purba, F., Maya Sari Br Tarigan, R., Theresa Panjaitan, H., Barasa, H., & Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlanjutan Umkm Kampung Kue Surabaya Elisabeth Margareta, P. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlanjutan UMKM Kampung Kue Surabaya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 784–795.

Mulawarman, L., Jati, L. J., & Hayati, R. N. (2023). Jurnal Pijar Studi Manajemen dan Bisnis EFEKTIVITAS STRATEGI EVENT MARKETING UNTUK KEBERLANJUTAN BISNIS E-COMMERCE. Jurnal Pijar, 1(2), 159–166.

Noor, A. A. (2020). Manajemen MICE. Universitas Terbuka.

Prabawati, A., Meliza, Agustin, C., & Aras, M. (2022). Event Marketing Implementation In Improving Brand Awareness of Indonesian Food Startup. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3734–3742.

Prahastoro, G., Yuni Dharta, F., & Kusumaningrum, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Layanan Securities Crowdfunding dalam Menarik Minat Masyarakat untuk Berinvestasi di Sektor UKM. KINERJA, 18(2), 210–217. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Putri, I. A., & Soesatyo, Y. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Surabaya. JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–7.

Rabbani, D. B., Diwyarthi, N. D. M. S., Muliyati, Umar, M., Hadawiah, Sari, Y. P., Sukrin, Haryanti, I., Santoso, M. H., Ardani, W., & Salehan. (2022). Komunikasi Pemasaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Respati, P. P., Basyari, A. S., & Kurniawan, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Wedding Venue Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Taman 78 Gresik). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 240–250.

Sahara, P. (2023). Strategi Pengembangan Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Meningkatkan Sales & Revenue Performance di PT Garuda Indonesia Branch Office Batam. NERACA: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(5), 528–536. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakart: Penerbit KBM Indonesia.

Sari, M. G., & Sutapa, W. (2024). Identifikasi Penerapan Atribut Use And Activities Dalam Creative Placemaking Pada Lokananta Bloc Surakarta. ARSITEKNO, 11(2), 83–95.

Simamora, V., Pradana, T., & Yoga, V. (2024). Sosialisasi Pengenalan Karir Industri Meeting Incentive Conference Exhibition (MICE) di Masa Depan Untuk Siswa Jurusan Perhotelan SMKN 5 Kab. Tangerang. Journal of Human And Education, 4(1), 82–87.

Situmeang, I. V. O. (2022). Pengaruh Aktivitas Integrated Marketing Communication dan Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Indihome (Survey Pada Pelanggan Indihome di Facebook Info Pasang Wifi Indihome). EKSPRESI DAN PERSEPSI : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 5(2), 153–162.

Subagyo, A., & Kristian, I. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Garut: CV. Aksara Global Akademia.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suparman, U. (2020). Bagaimana Menganalisis Data Kualitatif? Bandar Lampung: Pusaka Media.

Suryana, P. (2022). Event Marketing Marketing Strategy in Increasing Brand Awareness. JEAMI: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Indonesia, 1(1), 35–24.

Suryani, E., & Adawiyah, S. E. (2025). Communication Mini Audit in The Business Bootcamp Event and Women Empowerment in Trenggalek. Jurnal Spektrum Komunikasi, 13(1), 96–108. https://doi.org/10.37826/spektrum.v13i1.844

Stepanus, K., & Hilda Yunita Wono. (2024). Integrated Marketing Communication of Daily Photoworks Services. Jurnal Spektrum Komunikasi, 12(4), 465–480. https://doi.org/10.37826/spektrum.v12i4.700

Widyastuti, S. (2018). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Solusi Menembus Hati Pelanggan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila.

Wono, H. Y., & Aji, I. D. K. (2020). Preferensi Komunikasi Pemasaran Terpadu Perguruan Tinggi Di Surabaya Pada Era Posmoderen. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(2), 171-186.

Wono, H. Y., Angela. M., Reinal. M. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen CV. Saga Selaras Pratama. Channel Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-58.

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

Calysta, K., & Wono, H. Y. (2025). Implementation of Event and Experience Strategy in Marketing Communication at Tamo Venue Surabaya. Jurnal Spektrum Komunikasi, 13(2), 197–208. https://doi.org/10.37826/spektrum.v13i2.920