Integrated Marketing Communication Kedai Pantry Magetan Pada Era Digitalisasi 4.0

Penulis

  • Hilda Yunita Wono Universitas Ciputra Surabaya
  • Nafiah Ariani Universitas Sahid Jakarta
  • Azalea Abril Hermanto Universitas Ciputra Surabaya
  • Bunga Feby Nabilla Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v10i1.235

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran Terpadu, IMC, Kedai Pantry, Magetan, Pandemi

Abstrak

Komunikasi pemasaran terpadu atau IMC yang diimplementasikan pada bisnis dengan baik dapat membuat peningkatan yang signifikan terhadap pemasukan perusahaan. Hal inilah yang membuat Kedai Pantry Magetan untuk melakukan kegiatan IMC. Kedai Pantry yang memulai bisnis di saat pandemi Covid-19 menggunakan IMC sebagai cara promosi agar kedai tetap dapat beroperasi meskipun di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk membedah strategi IMC Kedai Pantry. Penelitian ini menunjukkan kegiatan apa saja yang dilakukan serta wawancara dengan pemilik kedai agar dapat mengetahui alas an penggunaan strategi tersebut. Dari tujuh kegiatan IMC yang digunakan oleh kedai pantry adalah online marketing, direct marketing, sales promotion, public relations dan advertising. Dari kegiatan IMC yang dilaksanakan membantu kedai yang didirikan pada masa pandemic ini untuk bisa bertahan hingga saat ini.

Referensi

Aditya, W. R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Pada Event Tupperware Home Party Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen PT. Riau Cahaya Utami di Kota Pekanbaru). JOM FISIP, 4(1).

Alif. (2015). Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Vol. 1. Jakarta Barat :Destinesia Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata. (Retrifed from: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/DESTINESIA/article/view/551/352)

Anggraeni, N., Siswoyo, M., & Nurfalah, F. (2014). Strategi Public Relations Dalam Mendukung Pemasaran Pembangkit Listrik Nasional . Jurnal ASPIKOM.

Anjani, Siti Prilla & Lubis, Armaini. [2021]. Strategi public relations dalam membangun brand awareness restoran barapi meat & grill cabang Tangerang. Jurnal PANTAREI.

Bobby, B. (2015). Pengaruh Brand Trust Dan Brand Affect Terhadap Brand Loyalty Coffee Toffee Klampis Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(2).

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi : Jakarta PT Raja Grafindo Pustaka

Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto, S. (2021). Strategi marketing public relations Kopi Kenangan dalam Membangun brand awareness. Prologia, 5(1), 175. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10112

Cindya Yunita, C. Y. P. (2020). Marketing Communication Strategy in Building Awareness Environmental Friendly Products in PT. Virtus Venturama: ( Studi Kasus Pada PT.Virtus Venturama). Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 149-158. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i2.89

Dyah. (2021) . Teknologi Digital sebagai Kunci Utama 4.0. Jakarta : Graduate Binus ( Retrifed from : https://graduate.binus.ac.id/2021/03/01/teknologi-digital-sebagai-kunci-utama-pada-era-industri-4-0/ )

Fikri, Muhammad Azhar, Utami, D.P.,&Wicaksono, I.A., (2021). Penerapan integrated marketing communication dalam Strategi Pemasaran Manisan carica Di masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Di CV Gemilang Kencana, Kabupaten Wonosobo). (n.d.). Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Edinburg Gate: Pearson Education Limited.

Luthfa, N., & Kartika. (2018). 4 Alasan Peluang Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan Keuntungan Besar. Retrieved from Jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-meraup-untung-besar-melalui-peluangbisnis-kopi/

Morrisan. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Jurnal Ecobisma, Vol 6 No.1 , 60-69.

Nuning Indah Pratiwi. (2017, Augustus). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Denpasar : Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial (Retrified : file:///Users/mymac/Downloads/219-Article%20Text-804-1-10-20180328.pdf )

Nuraini, Arwina Zilva, Putera, Y. A,& Yuliandhivi, R. (2021).Penerapan Strategi integrated marketing communication (IMC) oleh Puyo silky dessert untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen. (n.d.). JURNAL UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI.

Prisylia, M. E. (2020). Instagram Display @starbucksindonesia : Consumption Society Stimuli On Starbucks Central Park Mall. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 78-93. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.66

Smith, P.R & Ze Zook, 2011, Marketing Communications : Integrated Offline and Online with Social Media.USA, Kogen Page.

Suliano, M. R. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran e-Commerce Boogie.id Menggunakan IMC model Dwi Sapta. Jurnal Komunikasi Global, 9(2), 300-315. https://doi.org/10.24815/jkg.v9i2.17270

Susilo, A. (2020). Cyber Public Relations Activities pegipegi.com in Improving Brand Awareness. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 22 - 29. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.61

Vitridzky, S dan Itca I. W. (2017). Strategi Bauran Pemasaran 99ers 100.0 FM Dalam Mempertahankan Rating Top Radio Remaja.PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1(2), 142-152.

Wibisono, Santo Medy. 2016. Strategi Komunikasi Event Organizer Movem Dalam Memperkenalkan Merek Lokal Melalui Penyelenggaraan Event Samarinda Street Fest di Kota Samarinda. eJournal lmu Komunikasi. 4 (3): 222-236

Wono, Hilda Yunita & Aji, I.D.K. (2020). Preferensi Komunikasi Pemasaran Terpadu Perguruan Tinggi Di Surabaya Pada Era Pasmoderen. Jurnal Bricolage.

Analisis Penerapan Imc Pada startup LinkAja Dalam Kompetisi Di Bidang Fintech Indonesia. (n.d.). DSpace Home. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33355

Departemen Perdagangan RI. 2009. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2010-2014. Jakarta: Departemen Perdagangan. Hal. 5.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi (IMC) Dalam Pengelolaan media Promosi Kuliner (Studi Kasus @malangfoodies Sebagai Medi Promosi Kuliner Terbesar Di Malang). (n.d.). Theses and Dissertations Repository | ETD UGM. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/197645

Strategi komunikasi pemasaran promotrip melalui akun sosial media Instagram. (2021, October 21). Selamat Datang direpo unpas - repo unpas. https://repository.unpas.ac.id/53223/

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Wono, H. Y., Ariani, N., Hermanto, A. A. ., & Nabilla, B. F. . (2022). Integrated Marketing Communication Kedai Pantry Magetan Pada Era Digitalisasi 4.0. Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.37826/spektrum.v10i1.235