Analisis Penghalang-Penghalang Komunikasi Mahasiswa-Pembimbing Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Aulia Rahmawati UPN Veteran Jatim

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.104

Kata Kunci:

mahasiswa, pembimbing, dosen, penghalang, komunikasi, Covid-19, pandemi

Abstrak

Kebutuhan akan adanya hubungan yang baik dan resiprokal biasanya semakin meningkat ketika mahasiswa menginjak tingkat (semester) akhir di Universitas. Komunikasi dan hubungan interpersonal yang baik antara mahasiswa dan pembimbing akan memastikan proses pengerjaan riset dan penulisan skripsi berjalan dengan baik dan lancar. Namun, pandemi Covid-19 yang membuat hampir seluruh universitas menerapkan kebijakan “work from home” sejak bulan Maret 2020 membuat dinamika mahasiswa-pembimbing menjadi terganggu. Tulisan ini mengurai penghalang-penghalang dalam proses komunikasi (communication barriers) antara mahasiswa tingkat akhir dengan dosen pembimbingnya. Melalui wawancara mendalam dan FGD dengan 24 mahasiswa tingkat akhir, tulisan ini menyimpulkan setidaknya ada lima penghalang dalam proses berkomunikasi di masa pandemi. Penghalang-penghalang ini membutuhkan solusi dan itikad baik dari semua pihak, terutama pengelola Universitas.

Referensi

Akgun, S. and Ciarrochi, J., 2003. Learned Resourcefulness Moderates the Relationship Between Academic Stress and Academic Performance. Educational Psychology, 23(3), pp.287-294.

DeVito, J., 2013. The Interpersonal Communication Book. 13th ed. Boston: Pearson Education Inc.

Fielding, N., Lee, R. and Blank, G., 2017. The SAGE Handbook Of Online Research Methods. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications.

Hartt, M., 2020. COVID-19: a lonely pandemic. Cities & Health, pp.1-3.

Ishwara, M., 2020. Disconnected: Digital Divide May Jeopardize Human Rights. [online] The Jakarta Post. Available at: <https://www.thejakartapost.com/news/2020/05/18/disconnected-digital-divide-may-jeopardize-human-rights.html> [Accessed 1 October 2020].

Karpouza, E. and Emvalotis, A., 2018. Exploring the teacher-student relationship in graduate education: a constructivist grounded theory. Teaching in Higher Education, 24(2), pp.121-140.

Koetsier, J., 2020. 25 Million Students On COVID-19: ‘Depression, Anxiety And Loneliness’ Hitting Peak Levels. [online] Forbes. Available at: <https://www.forbes.com/sites/johnkoetsier/2020/05/23/25-million-students-on-covid-19-depression-anxiety-and-loneliness-hitting-peak-levels/#32b8ce8677b8> [Accessed 1 October 2020].

Shaw, K., Holbrook, A. and Bourke, S., 2013. Student experience of final-year undergraduate research projects: an exploration of ‘research preparedness’. Studies in Higher Education, 38(5), pp.711-727.
UGCNet, U., 2020. Communication Barriers : Notes On Barriers To Effective Communication | 2020. [online] UGC NET PAPER 1. Available at: <https://ugcnetpaper1.com/communication-barriers/> [Accessed 1 October 2020].

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-18

Cara Mengutip

Rahmawati, A. (2020). Analisis Penghalang-Penghalang Komunikasi Mahasiswa-Pembimbing Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 104–113. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.104