Dakwah Intraktif Kultural Emha Ainun Nadjib

Penulis

  • Rio Febriannur Rachman Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i2.35

Kata Kunci:

Cak Nun, Maiyah, Dakwah, Interaktif, Kultural

Abstrak

Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun merupakan salah satu intelektual muslim Indonesia yang sudah menerbitkan buku-buku best seller maupun berceramah di banyak tempat di dalam maupun luar negeri. Metode dakwah yang dilakukan Cak Nun sukses membuatnya disukai banyak kalangan di masyarakat. Cak Nun menerapkan teknik komunikasi interaktif dan pendekatan kultural sehingga  apa yang dia sampaikan bisa diterima oleh publik. Cak Nun membangun keakraban sehingga para pendengar merasa memiliki ikatan emosional dengannya. Aktifitas dakwah Cak Nun melalui forum Maiyah telah dilakukan selama bertahun-tahun dengan jumlah pendengar yang semakin berkembang. Materi ceramahnya menyentuh banyak topik dengan tidak meninggalkan muatan religiositas. Hingga saat ini, platform yang digunakan tidak hanya offline, namun juga diperkuat melalui website www.caknun.com yang terkoneksi dengan kanal youtube. Dokumentasi kegiatan dakwah tidak hanya dilakukan website resminya, namun juga oleh pihak-pihak lain yang merasa perlu menyimpan dan menyebarkan konten dakwah yang disampaikan melalui media sosial.

Referensi

Achmad, Mubarok. 1997. Psikologi Dakwah Jakarta : Pustaka Firdaus.
Djamalul, Abidin. 1996. Komunikasi dan Bahasa Dakwah, Jakarta: Gema Insani Pres.
Ida, Rachmmat. 2011. Metode Penelitian Kajian Media dan Budaya. Surabaya: Airlangga University Press.
Saputra, Prayogi R. 2012. Spiritual Journey, Pemikiran & Permenungan Emha Ainun Nadjib. Jakarta: Kompas.
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyu, Ilahi. 2010. Komunikasi dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2018-12-28

Cara Mengutip

Rio Febriannur Rachman. (2018). Dakwah Intraktif Kultural Emha Ainun Nadjib. Jurnal Spektrum Komunikasi, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i2.35